API BCA Menjadi Sistem Berguna Bagi Pengembang Fintech, Market Place dan Online Shop

Diskusi

API BCA Menjadi Sistem Berguna Bagi Pengembang Fintech, Market Place dan Online Shop

PT. Bank Central Asia, Tbk. (BCA) merupakan salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia, dengan terus berkembangnya zaman dan teknologi, Bank BCA pun terus berinovasi salah satunya dengan meluncurkan API BCA sebagai solusi untuk bisnis, lebih tepatnya bisnis berbasis online seperti FinTech (Financial Technology), Market Place, Online Shop, Web Hosting, dsb.

Adapun tujuan Bank BCA meluncurkan API BCA adalah untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan nasabah, guna mencapai visi sebagai Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Pada bulan Agustus tahun 2018 Bank BCA pun memperkenalkan API BCA nya melalui Gathering di Hilton Hotel Bandung. Dalam hal ini saya bersama Galih Ruslan (Owner Kylafood dan Aksen Coffee) menghadiri undangan yang pokoknya saya sangat alhamdulilah banget, karena disana selain dapat pengetahuan mengenai API BCA, dapat bonus pula makan-makan enak yang tidak pernah ada dikampungku dan dapat kartu Flash BCA yang isi saldonya lumayanlah buat jajan sehari.

Apa sih itu API?

API adalah kepanjangan dari Application Programming Interface atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah Antarmuka Pemrograman Aplikasi. API ini berfungsi untuk menghubungkan atar sistem dengan sistem.

Mengapa API BCA sangat berguna bagi pelaku bisnis online?

Dikarenakan dalam setiap transaksi perdagangan selalu dibutuhkan pertukaran antara barang dengan uang, maka dibutuhkanlah API BCA, dengan API BCA setiap pelaku bisnis yang berbasis online, dapat menyelesaikan pembayarannya dengan mudah, cepat dan aman. Dengan demikian pasti akan menghasilkan kemudahan bagi pelanggan.

Bagaimana cara kerja API BCA?

Untuk lebih mudahnya, contohnya Anda membeli pulsa melalui aplikasi Shopee, agar pulsa yang Anda beli di Shopee tersebut dapat masuk ke kartu di ponsel Anda secara otomatis, sehingga kartu Anda terisi pulsa dan dapat digunakan dengan cepat, pastinya Anda harus bayar terlebih dahulu. Nah disinilah API BCA berguna, dengan bantuan API BCA yang telah dihubungkan dengan sistem pembayaran Shopee, maka ketika Anda bayar pulsa di Shopee melalui Mobile Banking BCA tak perlu lama dan tak perlu konfirmasi pembayaran secara manual, karena sistem Shopee dengan sistem BCA yang akan melakukannya secara otomatis berdasarkan faktur pembelian Anda, sehingga pulsa yang Anda beli akan langsung masuk ke kartu di Ponsel Anda secara otomatis. Kecuali jika Anda beli makanan atau pakaian di Shopee dengan sistem COD atau bayar ditempat maka API BCA tidak berperan karena pembayarannya manual oleh pelanggan kepada kurir.

Siapa yang membutuhkan API BCA?

Pelaku bisnis online yang memiliki Online Shop, Market Place, FinTech, Web Hosting, dan sejenisnya. Contohnya Shopee, Tokopedia, Lazada, Buka Lapak, Gojek, Grab, Link Aja, Telkomsel, dan sejenisnya.

Yang ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya di komentar ya.

Lanjutkan Membaca
Anda mungkin juga suka...
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Lebih banyak di Diskusi

To Top